Rabu, 22 Mei 2013

Proses Perlakuan Panas


Proses Perlakuan panas (Heat treatment)
Kekerasan dan karateristik lain dari kebanyakan baja dan beberapa logam nonferrous dapat diubah dengan perlakuan panas. Ada beberapa macam pelakuan panas yang biasa dilakukan:

Quenching
Proses quenching pada dasarnya adalah proses pendinginan cepat yang dilakukan pada logam yang telah dipanaskan diatas temperatur kritisnya. Pada baja karbon sedang atau tinggi proses ini akan menghasilkan fasa yang disebut martensit yang sangat kuat dan getas.

Tempering
Proses ini biasanya merupakan lanjutan dari proses quenching dan bertujuan untuk mengurangi kegetasan material hasil quenching. Proses ini dilakukan dengan memanaskan material yang sudah di-quench pada temperatur di bawah temperatur kritisnya selama rentang waktu tertentu dan kemudian didinginkan secara perlahan.

Annealing
Proses ini merupakan kebalikan proses quenching dan tempering. Proses ini dilakukan dengan memanaskan baja diatas tempertur kritisnya dan kemudian didinginkan perlahan-lahan. Hasil proses ini adalah baja dengan sifat yang sama dengan sebelum dilakukan pengerasan.

Normalizing
Pada dasarnya normalizing ini sama dengan annealing. Perbedaannya terletak pada waktu pemanasan yang lebih pendek dan laju pendinginan yang lebih cepat. Hasilnya adalah baja yang lebih kuat dan lebih keras dari baja yang di-anneal secara penuh tetapi lebih mendekati sifat kondisi yang di-anneal daripada dengan yang di-temper.

0 komentar:

Posting Komentar