Rabu, 22 Mei 2013

Proses Pelapisan


Proses Pelapisan
Galvanic action
Proses ini dilakukan dengan menghubungkan dua logam yang berbeda potensial elektrolisisnya sehingga logam yang satu akan terurai sedangkan logam yang lain akan terlindungi. Proses ini biasanya dilakukan untuk melindungi logam dari korosi.

Electroplatting
Pada dasarnya proses ini dilakukan dengan membuat sel galvanis dimana komponen yang akan dilapisi menjadi katoda sedangkan material pelapis menjadi anoda. Kedua logam ini dicelupkan dalam larutan elektrolit dan arus DC diberikan dari anoda ke katoda.

Electroless platting
Pelapisan jenis ini dilakukan tanpa arus listrik dan juga tanpa anoda. Prosesnya dilakukan dengan mencelupkan substrat yang akan dilapisi pada larutan elektrolit. Substrat ini bertindak sebagai katalis yang akan memulai reaksi sehingga ion pelapis (biasanya nikel) akan melapisi substrat.

Anodizing
Proses ini dilakukan dengan membantuk senyawa oksida pada permukaan benda kerja sehingga oksidasi akibat oksigen dari atmosfer tidak akan terjadi. Proses ini biasanya dilakukan pada aluminium, magnesium, zinc, dan titanium.

Plasma-sprayed coating
Proses ini dilakukan dengan menyemprotkan pelapis dengan temperatur yang sangat tinggi sehingga terbentuk lapisan keramik yang sangat keras pada permukaan material.

Pelapisan kimia
Proses ini pada dasarnya adalah proses pengecatan lapisan pelindung pada komponen yang akan dilapisi. Bahan pelindung disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan material yang akan dilapisi.

0 komentar:

Posting Komentar